PENGARUH PEMBELAJARAN FIQIH KITAB SULLAMU' AL MUNAJAH TERHADAP DISIPLIN IBADAH SHOLAT SISWA DI MA SA'ID YUSUF

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PEMBELAJARAN FIQIH KITAB SULLAMU' AL MUNAJAH TERHADAP DISIPLIN IBADAH SHOLAT SISWA DI MA SA'ID YUSUF

XML

Pendidikan tidak terlepas dengan pembelajaran. Pembelajaran merupakanusaha untuk mempengaruhi emosi, intelektual dan spiritual agar mau belajardengan sendiri. Melalui pembelajaran akan terjadi proses pengembangan moralkeagamaan, aktivitas, dan kreativitas peserta didik melalui berbagai interaksi danpengalaman belajar. Perilaku khusus ini juga tidak dapat berdiri sendiri; selaluada faktor-faktor yang mendukungnya dan bekerja untuk mencapai tujuan yangsama, yaitu kedisiplinan ibadah sholat siswa.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran fiqih kitabsulamu’al-munajah, untuk kedisiplinan ibadah shaolat siswa, untuk mengerahuipengaruh pembelajaran fiqih kitab sulamu’al-munajah terhadap disiplin ibadahsholat siswa di MA Sa’id Yusuf.Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif denganpendekatan deskriptif. Sampel sebanyak 30 siswa dengan pengambilan sampelrandom sampling. Dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.Hipotesis penelitian yang digunakan metode analisis regresi (regression analysis).Analisis data menggunakan statistik SPSS 23 untuk mencari uji validitas, ujireliabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan analisis regresiHasil penelitian menunjukkan 1) Pemahaman materi pembelajaran fiqihkitab sulamu’al-munajah berada pada kategori diatas sedang, dengan jumlahsebanyak 12 orang dari 30 orang sampel penelitian atau sebesar 40%, 2)Kedisiplinan ibadah sholat siswa berada pada kategori , dengan jumlah sebanyak13 orang dari 30 orang sampel penelitian atau sebesar 43,3%. 3) Terdapathubungan antara variabel (X) Pemebelajaran fiqih kitab sulamu’al-munajahdengan variabel (Y)Disiplin ibadah sholat siswa ditunjukkan dengan nilai r hitung0.579** > r table 0.361, yang menunjukkan terdapat hubungan yang fositif antaravariabel (X) dan (Y), artinya apabila pemahaman pembelajaran fiqih kitabsulamu’almunajah meningkat maka kedisiplinan beribadah dalam sholat siswaakan meningkat, begitu pula sebaliknya.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Ahmad Rizki - Personal Name
Student ID
2019220035
Dosen Pembimbing
Dr. H. Isep Djuanda, M.Pd., M.M - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Unpublished
Departement
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STAI AL-HAMIDIYAH JAKARTA : Depok.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
PAI 202352
Copyright
STAI AL-HAMIDIYAH JAKARTA
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail