IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN PRASIAGA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DI RA MUTIARA BUNDA KEMANG BOGOR

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN PRASIAGA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DI RA MUTIARA BUNDA KEMANG BOGOR

XML

Implementasi program kegiatan Prasiaga menjadi kegiatan intrakulikuleryang di terapkan di RA Mutiara Bunda Kemang Bogor sebagai kegiatan tambahanyang membantu mengembangkan 6 aspek perkembangan anak usia dini.Tujuan penelitian ini untuk: a) mengetahui cara mengimplementasi programkegiatan Prasiaga di RA Mutiara Bunda Kemang Bogor; b) mengetahui apa sajahambatan dalam mengimplementasi program kegiatan Prasiaga di RA MutiaraBunda Kemang Bogor; c) Mengetahui cara mengembangkan kemandirian dalamprogram kegiatan prasiaga di RA Mutiara Bunda Kemang Bogor.Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru intrakulikulerPrasiaga. Dan objek penelitian ini adalah kegiatan prasiaga dalam mengembangkankemandirian di RA Mutiara Bunda Kemang Bogor.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yangbertujuan untuk menggambarkan proses yang terjadi dilapangan. TeknikPengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dandokumentasi yang kemudian dianalisis, menggunakan Miles and Huberman,melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan: 1) RA Mutiara Bunda Kemang Bogor barumenerapkan kegiatan prasiaga yang dianjurkan oleh KKGRA atau IGRA.Penerapan kegiatan prasiaga di RA Mutiara Bunda Kemang Bogor dilakukandengan cara sebagai berikut: a) dibuat kegiatan secara berkelompok sesuai dengankelasnya masing-masing dan setiap kelompok di pandu oleh guru kelasnya; b)kegiatan dilakukan dengan bersemangat dan gembira; c) kepala sekolah dan gurumembuat, merancang, menyiapkan kegiatan prasiga yang kreatif dan inovatif dihari sebelumnya. Penerapan kegiatan prasiaga dapat membantu tercapainyapembelajaran di RA Mutiara Bunda Kemang Bogor hal ini ditandai dengan: a)tercapainya 6 aspek perkembangan anak; b)siswa lebih kreatif dan inovatif; c) siswadapat memecahkan masalah yang dihadapinya sendiri (Problem Solving); dan d)semangat siswa meningkat ; 2) Kekurangan prasiaga di RA Mutiara Bunda KemangBogor, diantaranya; a) Keterbatasan fasilitas sekolah untuk menunjang kelancarankegiatan; b) Objek kurang terfokus karena hanya memperkenalkan nilaikepramukaan. 3) Mengembangkan kemandirian dalam program kegiatan prasiaga,diantaranya meliputi; a) Mengenal nilai kepramukaan sejak dini yang dapatmembantu mewujudkan tujuan pramuka dalam membentuk karakter anak usia dini;b) Membantu meningkatkan kretivitas anak; c) Menumbuhkan kemandirian padaanak dengan bertanggung jawab apa yang dilakukan dalam mengeksplorasikegiatan lapangan di lingkungan sekitarnya; d) Menanamkan nilai-nilaikemandirian pada anak usia dini.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Fitri Nur Kholiviah - Personal Name
Student ID
2019330007
Dosen Pembimbing
Winda Nidya Putri Fitriana, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Unpublished
Departement
Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STAI AL-HAMIDIYAH JAKARTA : Depok.,
Edisi
Unpublished
Subyek
No Panggil
PIAUD 202312
Copyright
STAI AL-HAMIDIYAH JAKARTA
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail