Skripsi
PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SPESIFIK PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SDIT AL-IMAN
XML
Dalam proses pembelajaran disekolah baik guru maupun peserta didik pasti mengharapkan agar mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Dalam kenyataan, harapan itu tidak selalu terwujud, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar spesifik. Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang mengalami kesulitan belajar spesifik pada peserta didik kelas I di SDIT AL-IMAN Depok. Penelitian ini mengemukakan tentang peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar spesifik pada peserta didik kelas I di SDIT AL-IMAN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar spesifik peserta didik dan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar spesifik peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini meliputi beberapa komponen yaitu dilakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil screening yang telah peneliti lakukan bahwa dari 22 peserta didik terdapat 7 peserta didik yang terindikasi disleksia, disgrafia dan diskalkulia. Hasil penelitian ini bahwa Peran Guru dalam mengatasi kesulitan belajar spesifik peserta didik yaitu peran-peran guru sebagai pendidik, pengajar, mediator, fasilitator dan teladan. Adapun strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar spesifik peserta didik yaitu, guru harus memberikan pelajaran tambahan, memberi perhatian lebih kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, guru mampu menarik perhatian siswa dan guru harus membimbing dengan penuh kesabaran. Adapun jenis-jenis strategi pembelajaran diantaranya strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran melalui pengalaman dan strategi pembelajaran mandiri. Berikut adalah cara-cara yang dapat diterapkan di dalam mengatasi kesulitan belajar spesifik peserta didik : Pendidikan dilakukan secara berulang-ulang, Pendidikan bertahap dan Pendidikan dari yang ringan.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Nur Rizky Rahmah - Personal Name
|
Student ID |
2019220051
|
Dosen Pembimbing |
Hartin Kurniawati, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement |
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | STAI AL-HAMIDIYAH JAKARTA : PERPUSTAKAAN STAI AL-HAMIDIYAH., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
PAI 202301
|
Copyright | |
Doi |