Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM DAN SAINS PADA SISWA KELOMPOK B DI KB - TK LESTARI
XML
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk merangsang, membina, menginspirasi, dan menciptakan lingkungan yang memfasilitasi perkembangan anak sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat, salah satu nya model pembelajaran sentra. Model Pembelajaran Sentra merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada anak melalui pijakan bermain sehingga anak mendapatkan pengalaman yang bermakna. Sentra memiliki banyak jenis, salah satunya sentra bahan alam dan sains. KB-TK Lestari adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan pembelajaran sentra sebagai model pembelajaran disekolah. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran sentra bahan alam dan sains siswa kelompok B di KB-TK Lestari dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran sentra bahan alam dan sains pada di KB-TK Lestari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mmenggambarkan proses yang terjadi dilapangan. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis, melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan pembelajaran sentra bahan alam dan sains meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan adalah dengan membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan indikator perkembangan yang disusun menjadi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) seminggu sebelum pembelajaran dimulai. Pelaksanaan pembelajaran sentra menggunakan empat pijakan yang dimulai dari pijakan lingkungan main, pijakan sebelum bermain, pijakan selama bermain, dan pijakan setelah bermain. Evaluasi pembelajaran sentra dilakukan dengan cara pengamatan kemudian dinilai dengan penilaian ceklis dan anekdot, serta dokumentasi berupa hasil karya. (2) Faktor pendukung pada penerapan sentra bahan alam dan sains terhadap kemampuan sains yaitu, kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran dan media pembelajaran yang memadai, sedangkan faktor penghambat penerapan sentra bahan alam dan sains terhadap kemampuan sains siswa, yaitu: perubahan kurikulum k13 menjadi kurikulum merdeka belajar, sarana dan prasarana dan keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Ihda Husnayain M - Personal Name
|
Student ID |
2019330002
|
Dosen Pembimbing |
Hartin Kurniawati, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | STAI AL-HAMIDIYAH JAKARTA : PERPUSTAKAAN STAI AL-HAMIDIYAH., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
PIAUD 202301
|
Copyright | |
Doi |