PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN ALQURAN PADA SISWA KELAS III DI SDIT PONDOK DUTA DEPOK

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN ALQURAN PADA SISWA KELAS III DI SDIT PONDOK DUTA DEPOK

XML

Alquran yang merupakan sumber utama petunjuk serta tuntunana hidup bagi islam. Perbedaan dengan kitab suci lain yaitu terjamin keaslianya salah satunya melalui para penghafal. Banyak anak merasa jenuh dan merasa terbebani saat menghafal Alquran. Tujuan digunakan metode Kauny Quantum Memory pada siswa kelas III Madinah di SDIT Pondok Duta agar membuat siswa menghafal dengan nyaman dan menyenangkan serta memberikan kemudahan karena mengoptimalkan otak kanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Kauny Quantum Memory dapat meningkatkan kemampuan hafalan Alquran siswa kelas III Madinah di SDIT Pondok Duta. Dan ntuk mengetahui apakah penerapan metode Kauny Quantum Memory dapat meningkatkan kemampuan hafalan siswa kelas III Madinah di SDIT Pondok Duta Depok. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III Madinah tahun ajaran 2023-2024 di SDIT Pondok Duta Depok yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian tindakan kelas memiliki tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: metode Kauny Quantum Memory dapat meningkatkan kemampuan menghafal pada siswa kelas III Madinah di SDIT Pondok Duta. Guru mencontohkan Gerakan yang merupakan arti tiap kata pada ayat pada surat Ad Dhuha dan Al Lail. Guru juga memberikan ilustrasi serta kata kunci pada tiap ayat untuk memudahkan siswa mengingat bunyi dan arti dari ayat yang sedang dihafal. Siswa lebih antusias dan bersemangat dalam menghafal sehingga tahap demi tahap proses pembelajaran sudah lebih baik dari sebelum Tindakan.Hal ini dapat terlihat pada pra siklus kemampuan menghafal rata rata siswa kelas III Madinah sebesar siswa sebesar 41% meningkat menjadi 64% pada siklus 1. Mengalami kenaikan pada siklus 2 dengan rata rata kemampuan hafalan 80%.


Detail Information

Item Type
Dissertation
Penulis
Hafidhah Gani - Personal Name
Student ID
2019220043
Dosen Pembimbing
Hartin Kurniawati, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
pendidikan agama islam (PAI)
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STAI AL-HAMIDIYAH JAKARTA : PERPUSTAKAAN STAI AL-HAMIDIYAH.,
Edisi
Subyek
No Panggil
PAI 202322
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail