Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOROGAN DI TKIT CAHAYA ANANDA BEJI DEPOK
XML
Penelitian ini dilatar belakangi Belajar membaca Al-Quran yang penting diterapkan pada anak usia dini khususnya usia 4 – 6 tahun. Jadi dalam belajarmembaca Al-Quran tentunya membutuhkan Metode yang tepat agar tujuan daribelajar tercapai.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji ke efektifan penerapan MetodeSorogan dalam Meningkatkan kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak UsiaDini Di TKIT Cahaya Ananda Beji Depok.Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui empattahapan : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitiandilakukan di TKIT Cahaya Ananda Beji Depok. Subjek penelitian ini adalah Siswakelas B sebanyak 20 orang, dan objeknya ialah penerapan Metode Sorogan.Dalam kegiatan pra siklus peneliti mengamati dan didapati bahwa rata-rata kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada pra siklussiswa yaitu 25,25%. Selanjutnya pada siklus I pertemuan I mendapatkan nilaikeberhasilan rata-rata kelas sebesar 37,25%. Pada pertemuan ke siklus I pertemuan2 hasil nilai rata-rata anak meningkat dengan nilai 44,50%. Pada siklus 2 pertemuan1 membaca Al-Quran siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 48,50%, padasiklus 2 pertemuan ke 2 hasil nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 50,75%,dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Lulu Qodiyah - Personal Name
|
Student ID |
2019220025
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Isep Djuanda, M.Pd., M.M - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement |
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | STAI AL-HAMIDIYAH JAKARTA : Depok., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
PAI 202350
|
Copyright | |
Doi |