Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN MELALUI MEDIA INTERAKTIF APLIKASI WORDWALL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM BINA INSANI KABUPATEN BOGOR
XML
Kemampuan keaksaraan merupakan kemampuan awal dan fondasi dasar yangdiperlukan anak agar mampu belajar menulis, membaca, dan berhitung. AplikasiWordwall merupakan aplikasi web berbasis kuis game yang menarik danmenyenangkan sehingga pembelajaran lebih bervariasi. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan akan rendahnya kemampuan keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Bina Insani Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil observasiyang ditemukan saat penelitian berlangsung di kelas B4 masih banyak kemampuankeaksaraan siswa yang belum berkembang. Sehingga diperlukan mediapembelajaran yang lebih menarik untuk meningkatkan kemampuan keaksaraansiswa.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah media interaktif Wordwalldapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Islam BinaInsani Kabupaten Bogor dan bagaimana media interaktif Wordwall dapatmeningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Islam Bina InsaniKabupaten Bogor.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yangdikembangkan oleh Kemmis Taggart melalui 4 langkah penelitian yang dilakukanterdiri dari : (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action) (3)pengamatan (observation), dan (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anakusia 5-6 tahun di TK Islam Bina Insani Kabupaten Bogor dan objek dari penelitianini adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Pada Anak Usia 5-6Tahun Di TK Islam Bina Insani Kabupaten Bogor.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keaksaraansiswa dalam proses pembelajaran melalui media ineraktif Wordwall. Hal initerbukti dari hasil pengamatan kemampuan keaksaraan pada setiap siklus. Nilairata-rata kemampuan keaksaraan siswa pada pra siklus sebesar 30,33%, kemudianmeningkat di siklus I menjadi 50,83% dan meningkat di siklus II sebesar 79,33%.Peningkatan presentase dari pra siklus ke siklus I yaitu 20,50% dan peningkatanskor presentase siklus I ke siklus II yaitu 28,5%. pada siklus I nilai rata-ratakeberhasilan siswa 51 % dengan kriteria mulai berkembang (MB) sedangkan padakegiatan siklus II nilai rata-rata keberhasilan siswa mencapai 79,33% dengankriteria berkembang sangat baik (BSB).
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Qonitah Ikawati Aristi - Personal Name
|
Student ID |
2019330005
|
Dosen Pembimbing |
Hartin Kurniawati, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement |
Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | STAI AL-HAMIDIYAH JAKARTA : Depok., 2023 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
PIAUD 202303
|
Copyright | |
Doi |